kelebihannya dengan melakukan sewa komputer

Posted on

Sebuah pertimbangan ekonomis patut untuk diperhatikan di dalam melaksanakan pengalokasian keuangan, baik secara individual maupun korporat.

Sewaktu saya bekerja sebagai tenaga konsultan proses analis di kantor pusat PT. Pertamina (Persero), terhadap TI Direktorat Pengolahan (T.I. Dit. Pengolahan), terhadap awalnya saya sempat terperanjat lihat begitu banyaknya komputer-komputer baru yang BUKAN MILIK PT. Pertamina (Persero), seluruhnya bermerek Dell, Compaq, Compall, IBM. Padahal ongkos sewanya waktu itu (tahun 2005) per unit komputer adalah IDR. 3 juta / bulan.

Dalam hitung-hitungan bodoh, bersama uang sejumlah tersebut selama 3 – 4 bulan saja telah mampu belanja komputer baru bersama brand yang sama.

Sejumlah tenaga teknisi pun tak luput isi sebuah ruang didekat ruang saya, dan mereka berada di dalam kewenangan perintah saya, di mana tenaga-tenaga tersebut adalah pegawai dari supplier perangkat komputer tersebut.

Saya mencoba mencari tahu, mengapa perusahaan sebesar ini, yang punya KEMAMPUAN untuk MEMBELI … kok malah menyewa komputer bersama harga yang menurut saya bersama harga sewa selangit.

Di hari kedua, saya masuki ruang Server TI Pengolahan, saya lihat tersedia begitu banyak tumpukan komputer usang, yang ukurannya besar-besar, printer – printer yang telah nggak di memproses lagi, dan semua itu adalah MILIK PT. Pertamina (Persero).

Tahukah anda….

Saat PT. Pertamina (Persero) MEMBELI perangkat-perangkat yang saya sebut “USANG” tersebut, bersama nilai investasi yang besar… milyaran rupiah, dan sangat canggih di jamannya.

Setelah lebih dari satu tahun, khususnya bersama pertumbuhan teknologi informasi yang demikianlah pesat, ternyata kecanggihan perangkat tersebut telah tidak ulang memadai. Pengolahan knowledge yang jadi membengkak dan memerlukan memory dan prosesor yang jauh lebih cepat, telah menjadi beban berat bagi perangkat2 tersebut.

Saat dapat di “Remajakan”, perangkat tersebut telah tidak laku ulang di pasaran, karena pasar pun menuntut perangkat komputer yang ikuti pertumbuhan era dan teknologi.

Dalam perhitungan ekonomi, perangkat komputer dan asesoris yang tersedia tersebut mengalami nilai depresiasi, yang secara akuntansi dinilai sebagai nilai Impas, cocok bersama besarnya investasi dan manfaat yang diperoleh.

PT. Pertamina (Persero) harus melaksanakan investasi ulang untuk pengadaan perangkat komputer yang jadi canggih, jadi cepat, dan jadi cocok bersama pertumbuhan pengolahan datanya.

Akan tetapi, bersama ulangi pola investasi yang sama seperti di awalnya (MEMBELI), maka dapat mengakibatkan problem – problem sebagai tersebut :
1. Kebutuhan ruang untuk penyimpanan komputer-komputer dan asesoris lama, dan jadi lama dapat dibutuhkan ruang yang lebih luas lagi.
2. Dibutuhkan pelatihan dan perekrutan tenaga teknisi untuk menyesuaikan pengetahuannya bersama perangkat komputer baru.
3. Mempersiapkan pengadaan suku cadang bagi komputer2 “BARU” yang mengalami kerusakan / upgrade asesoris (memory,harddisk dsb).
4. Pengadaan software-software basic sebagai kelengkapan / bagian dari komputer baru tersebut.
5. “Waktu Khusus” instalasi dan perbaikan mendadak, yang terkadang memerlukan ongkos “Over Time”

Dan tetap banyal ulang hal lainnya.. yang andaikan di keseluruhan di dalam bentuk rupiah dapat jadi besar alokasi investasi yang dibutuhkan untuk pembelian perangkat komputer baru.

Lantas apa kelebihannya bersama melaksanakan sewa komputer ?
1. Perusahaan dapat senantiasa memperoleh product – product bersama prosesor Up to Date yang senantiasa di supply oleh penyelia (supplier). waktu beban dampak pembelian perangkat komputer dan penyediaan ruang untuk komputer-komputer lama tersedia terhadap pihak penyelia.
2. Setiap penyewaan telah disempurnakan pula bersama tenaga teknisi dari supplier, sehingga perusahaan tidak harus mengeluarkan investasi rekrutmen dan pelatihan teknisi.
3. kebutuhan penggantian suku cadang dan kerusakan – kerusakan yang timbul langsung diganti oleh pihak penyelia (supplier) dan perusahaan tidak harus ulang mengeluarkan ongkos ekstra untuk hal tersebut.
4. Penyewaan komputer telah disempurnakan bersama software-software basic oleh pihak penyelia (supplier)
5. Instalasi dan perbaikan mendadak dijalankan langsung oleh tenaga teknisi dari peyelia yang senantiasa stand by terhadap perusahaan, di mana manakala terjadi kerusakan, maka penyelia telah sedia kan back up perangkat komputer, yang langsung ditukarkan terhadap komputer user bersama memback up khususnya dahulu knowledge yang ada, sehingga user tidak harus terhenti di dalam melaksanakan pekerjaannya.

Hal – hal tersebut adalah pertimbangan untuk suatu kegiatan rutin, bahkan untuk kegiatan – kegiatan yang bersifat insidentil seperti seminar, rapat dan sebagainya, pasti dapat jauh lebih ekonomis untuk menyewa daripada membeli.

Maka, secara perhitungan ekonomis, nilai IDR. 3 juta / bulan untuk ongkos sewa komputer benar – benar merupakan pilihan yang cerdik untuk memangkas alokasi investasi, yang mampu dipergunakan untuk hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *