Bisakah Psoriasis Diobati Dengan Bahan Alami? Apa Efek Sampingnya?

Posted on

Penyakit psoriasis memang tidak sanggup disembuhkan, namun gejalanya sanggup dikendalikan dengan penanganan yang tepat. Biasanya, penderita psoriasis disarankan untuk mengoleskan salep atau minum obat oral secara teratur supaya gejalanya tidak kambuh.Selain obat berasal dari dokter, ada termasuk beberapa bahan alami yang disebut-sebut sanggup menopang mengendalikan tanda-tanda psoriasis. Obat psoriasis alami ini lebih banyak dipilih dikarenakan dirasa lebih praktis, gampang didapatkan, dan terjangkau daripada pengobatan medis.

Namun yang jadi pertanyaan, apakah obat psoriasis alami berikut benar ampuh dan safe dilakukan? Yuk, cari mengetahui jawabannya melalui ulasan berikut ini.

Obat psoriasis alami yang sering digunakan

Tujuan pengobatan psoriasis yang paling utama adalah mengembalikan kulit jadi bersih dan sehat, mengurangi rasa nyeri, dan pasien sanggup hidup normal kembali. Untuk mewujudkannya, beberapa orang dengan psoriasis condong memilih periksa ke dokter, namun beberapa lainnya justru memilih untuk memakai bahan alami yang ada di rumah.

Ya, telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa bahan alami tertentu sanggup menopang menenangkan kulit yang iritasi akibat psoriasis. Contohnya lidah buaya dan Cuka Apel Bragg, dua bahan alami yang paling sering digunakan untuk menangani psoriasis.

Lidah buaya sudah lama digunakan sebagai obat dingin untuk menenangkan kulit yang iritasi atau terbakar dikarenakan sinar matahari. Sebuah belajar yang diterbitkan pada Biomed Research International tahun 2015 menemukan bahwa cii-ciri glucomannan terhadap lidah buaya sanggup merangsang regenerasi kulit dan mempercepat pengobatan luka akibat psoriasis.

Getah lidah buaya bukan hanya sekadar mendinginkan kulit yang iritasi, namun termasuk sebabkan produksi kolagen yang lebih banyak terhadap kulit. Selain mempercepat penyembuhan, kolagen ini termasuk sanggup mengurangi bercak bersisik yang disebabkan oleh psoriasis.

Manfaat cuka apel sebagai obat psoriasis alami pun termasuk menambahkan dampak yang serupa. Menurut National Psoriasis Foundation, cuka apel punya cii-ciri antiseptik yang sanggup menopang meredakan gatal atau iritasi akibat psoriasis, khususnya terhadap kulit kepala.

Cuka sari apel telah digunakan sejak zaman dahulu saat sebagai disinfektan atau pembasmi bakteri. Beberapa orang apalagi telah menyatakan adanya penurunan tanda-tanda psoriasis sehabis mengambil alih fungsi cuka sari apel sepanjang beberapa minggu.

Apakah obat psoriasis alami itu ampuh?

Meskipun telah banyak penelitian yang berhasil menyatakan bahwa lidah buaya dan cuka apel sanggup menopang meredakan tanda-tanda psoriasis, namun ada beberapa perihal mutlak yang wajib Anda perhatian.

Pada dasarnya, pengobatan psoriasis secara alami dengan lidah buaya, cuka apel, atau bahan-bahan alami lainnya boleh saja dilakukan. Akan tetapi, memperhatikan dulu reaksinya terhadap kulit.

“Sebetulnya, lidah buaya hanya berupa untuk mendinginkan. Walaupun boleh digunakan, namun memandang lagi cara penggunaannya. Bisa saja lidah buaya ini cocok digunakan oleh orang lain, namun belum pasti terhadap diri Anda,” papar dr. Endi Novianto, SpKK, FINSDV, FAADV, selaku Ketua Kelompok Studi Psoriasis Indonesia (KSPI) yang ditemui oleh tim Hello Sehat di RSCM Kencana, Jakarta Pusat, Kamis (1/11) terhadap temu sarana yang digawangi oleh Johnson & Johnson.

Meskipun condong safe digunakan, namun lidah buaya termasuk sanggup sebabkan reaksi alergi terhadap beberapa orang yang kulitnya sensitif. Supaya lebih aman, lakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum Anda coba menangani psoriasis dengan lidah buaya.

Begitu termasuk dengan cuka apel. Walaupun terbuat berasal dari bahan alami, cuka apel tetap wajib digunakan secara hati-hati. Sebab, pemanfaatan cuka apel yang ceroboh sanggup sebabkan iritasi dan tambah sebabkan kulit terbakar. Alih-alih menyembuhkan, tanda-tanda psoriasis tambah tambah parah.

Selain dua bahan alami tadi, dr. Endi menjelaskan bahwa temu lawak justru tak kalah efektif untuk meredakan tanda-tanda psoriasis yang sering kambuh. Sifat antioksidan terhadap temu lawak disebut-sebut sanggup mengurangi stres oksidatif terhadap lesi psoriasis. Namun sayangnya, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

Beragam cara menangani psoriasis secara alami. Berikut ini beraneka cara yang sanggup Anda jalankan untuk menangani psoriasis, tidak cuman dengan bahan-bahan alami.

1. Berjemur di bawah sinar matahari
Menurut dr. Endi, obat psoriasis alami yang cukup ampuh justru berasal dari sinar matahari. Berjemur di bawah sinar matahari 10-15 menit setiap hari sanggup menopang menekan reaksi terhadap kulit supaya tidak terlalu aktif.

“Pengobatan psoriasis secara alami dengan matahari berjalan dengan dua cara. Yang pertama adalah menekan sel-sel radang yang berupa autoimun (bekerja secara tidak terkendali), atau sanggup termasuk tingkatkan vitamin D. Vitamin D yang cukup di dalam tubuh akan sebabkan penyakit autoimun jadi lebih gampang atau tidak aktif berlebihan,” lanjut dr. Endi.

2. Atur pola makan
Sebetulnya, tidak ada makanan tertentu yang sanggup menopang mengendalikan tanda-tanda psoriasis yang Anda alami. Namun memang, ada beberapa tipe makanan yang disebut-sebut sanggup sebabkan tanda-tanda psoriasis Anda jadi lebih parah, contohnya makanan tinggi lemak dan punya kandungan alkohol.

Makanan tinggi lemak seperti daging merah sanggup sebabkan peradangan di dalam tubuh. Semakin banyak makanan berlemak yang Anda makan, maka tanda-tanda psoriasis sanggup tambah gawat dan risiko penyakit jantung akan lebih gampang terjadi.

Minuman beralkohol termasuk menambahkan dampak yang sama. Pasalnya, alkohol sanggup mengakses pembuluh darah di kulit dan memudahkan bagi sel darah putih untuk menyelinap ke lapisan luar kulit. Akibatnya, kondisi ini sanggup merangsang respon peradangan dan sebabkan psoriasis.

Meski telah menjauhi minuman beralkohol, tanda-tanda psoriasis termasuk sanggup kambuh lagi kalau Anda masih sering mengonsumsi makanan yang punya kandungan alkohol. Contohnya tape dan durian. Ya, dua makanan ini termasuk sanggup sebabkan kulit Anda gatal dan iritasi akibat psoriasis.

Sebagai gantinya, tambahkan asupan antioksidan dan asam lemak omega-3 ke di dalam menu makanan Anda. Antioksidan berasal dari sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian tidak hanya berfungsi untuk menghindar psoriasis, namun termasuk menopang melawan radikal bebas yang sanggup sebabkan penyakit jantung dan kanker.

Sementara itu, asam lemak omega-3 juga sanggup menopang mengurangi reaksi peradangan akibat psoriasis. Anda sanggup memperoleh banyak asam lemak omega-3 ini berasal dari beraneka ikan berlemak seperti tuna, salmon, makerel, dan sarden.

3. Hindari merokok
Sudah bukan rahasia lagi jika rokok menyimpan segudang bahaya bagi tubuh, termasuk termasuk bagi penyakit kulit yang satu ini. Tanpa disadari, takaran nikotin di dalam rokok sanggup merangsang gen psoriasis untuk aktif dan sebabkan stres oksidatif terhadap tubuh, khususnya terhadap kulit.

Banyak orang yang bilang kalau mengirap batang demi batang rokok sanggup menopang menghalau stres. Padahal justru sebaliknya. Efek menenangkan ini hanyalah berupa saat dan justru sebabkan tubuh Anda jadi gampang stres, lho.

Semakin sering Anda mengalami stres, maka tambah gampang pula tanda-tanda psoriasis akan kambuh. Akibatnya, pengobatan psoriasis yang Anda jalani jadi kacau dan sia-sia.

4. Pakai pelembap
Kabar baiknya, semua orang dengan psoriasis boleh memakai pelembap. Justru, memakai pelembap secara teratur sanggup menopang meredakan gatal, mengurangi sisik terhadap kulit, dan mempercepat penyembuhannya.

Pilihlah pelembap untuk psoriasis yang punya kandungan asam salisilat dikarenakan sanggup menopang mengangkat sisik kulit sekaligus melembapkannya. Namun ingat, jangan digunakan terlalu sering. Kandungan ini termasuk sanggup sebabkan iritasi kulit dan melemahkan batang rambut kalau digunakan terlalu sering.

Tidak masalah termasuk jika Anda ingin memakai pelembap yang punya kandungan lidah buaya. Lagi-lagi, memperhatikan dulu reaksinya terhadap kulit. Jika tanda-tanda psoriasis tak kunjung pulih dan tambah parah, segera konsultasikan ke dokter terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *