Mengenal Bunga Nasional Indonesia

Posted on

Jual Bunga Duka Cita Pluit – Indonesia punya 3 bunga yang ditetapkan menjadi bunga nasional. Bunga nasional Indonesia tersebut disebut juga sebagai puspa nasional. Ketiga bunga atau puspa nasional adalah bunga melati putih (Jasminum sambac (L.) Aiton) sebagai puspa bangsa, bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis (L.) Blume) sebagai bunga pesona, dan bunga padma raksasa (Rafflesia arnoldii R.Br.) sebagai puspa langka.

Bunga nasional adalah bunga yang dianggap mewakili karakteristik sebuah bangsa dan negara. Bunga nasional juga simbol kebanggaan suatu negara. Hampir tiap tiap negara punya bunga nasional layaknya Sakura yang menjadi bunga nasional Jepang, Tulip (Belanda dan Turki), Lotus (India), Mawar (Amerika Serikat dan Inggris), Kembang Sepatu atau Bunga Raya (Malaysia), dan lain-lain.

Bunga nasional Indonesia ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 mengenai Satwa dan Bunga Nasional. Baca Keputusan Presiden ini di halaman : Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1993 Tentang Satwa Dan Bunga Nasional.

Mengenal 3 Bunga Nasional Indonesia
Berikut ini ketiga bunga nasional Indonesia beserta bersama uraian dan alasan pemilihannya sebagai bunga nasional.

Puspa Bangsa, Bunga Melati Putih
Bunga nasional Indonesia yang pertama disebut juga sebagai puspa bangsa adalah bunga melati putih. Bunga yang disebut juga sebagai melati air ini punya nama ilmiah Jasminum sambac (L.) Aiton.

Bunga melati putih merupakan tumbuhan asli Asia Selatan yang tersebar ke beraneka wilayah di dunia, juga di Indonesia. Tumbuhan perdu dari famili Oleaceae sangat dikenal di beraneka pelosok nusantara. Kerap digunakan sebagai pelengkap beraneka tradisi. Bunganya yang berwarna putih dan penampilannya yang simpel dan tidak drastis melambangkan kesucian dan keelokan budi yang simpel tapi menawan. Aromanya yang harum lembut memberikan makna dan kesan lembut, nyaman, dan tenang. Karena itulah, melati putih dianggap dapat mewakili karakteristik bangsa Indonesia yang simpel dan penuh kesucian tapi punya keelokan budi.

Selengkapnya mengenai bunga Melati Putih Sang Puspa Bangsa, baca : Bunga Melati Lambang Kesucian nan Sederhana

Klasifikasi ilmiah Melati Putih. Kerajaan: Plantae. Divisi: Magnoliophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo: Lamiales. Famili: Oleaceae. Genus: Jasminum. Spesies: Jasminum sambac (L.) Aiton.

Puspa Pesona, Anggrek Bulan

Bunga nasional Indonesia yang ke dua atau disebut juga sebagai puspa pesona adalah bunga Anggrek Bulan. Nama latin bunga ini adalah Phalaenopsis amabilis (L.) Blume. Sedang dalam bahasa Inggris kerap disebut juga sebagai Moon Orchid.

Anggrek bulan merupakan keliru satu jenis bunga anggrek (famili Orchidaceae) yang asli Indonesia. Tersebar mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua, sampai ke Australia. Tumbuhan epifit (menempel terhadap batang atau cabang pohon) punya bunga indah berwarna putih berbentuk bulat memanjang. Pesona keindahan spesies anggrek ini yang lantas menobatkannya sebagai keliru satu bunga nasional Indonesia.

Selengkapnya mengenai Anggrek Bulan Sang Puspa Pesona, baca : Anggrek Bulan Puspa Pesona Indonesia

Klasifikasi ilmiah Anggrek Bulan. Kerajaan: Plantae. Ordo: Asparagales. Familia: Orchidaceae. Genus: Phalaenopsis. Spesies: Phalaenopsis amabilis (L.) Blume.

Puspa Langka, Bunga Padma Raksasa

Bunga nasional yang ketiga, atau disebut juga sebagai puspa langka adalah bunga padma raksasa. Bunga yang disebut juga sebagai bunga raflesia ini punya nama latin Rafflesia arnoldii R.Br.

Bunga ini unik sebab tidak punya batang, daun, maupun akar agar hanya nampak bunganya saja yang mekar. Hidup sebagai parasit obligat yang tumbuh dalam batang liana. Saat mekar bunga ini dapat mencapai diameter pada 70-110 cm bersama tinggi 50 cm dan berat 11 kg. Masa pertumbuhan bunga ini memakan sementara sampai 9 bulan, tapi era mekarnya hanya 5-7 hari. Setelah itu rafflesia bakal layu dan mati. Merupakan bunga berkelamin tunggal, agar keberadaan putik dan benang sari yang tidak dalam satu sebabkan pembuahan lebih sulit berhasil. Apalagi bunga ini sampai saat ini belum dulu berhasil ditanam di luar habitat aslinya.

Berbagai keunikan tersebut, mungkin,  yang lantas mendasari pemilihan dan penetapan padma raksasa atau bunga raflesia sebagai puspa langka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *